Kuliah di Turki

Tips Sukses Belajar di Ma’had al-Azhar

Program Ma’had al-Azhar merupakan salah satu opsi untuk anda yang ingin menempuh studi keislaman di Luar Negeri terkhusus di Mesir. Selain biayanya yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan pesantren di Indonesia.

Banyak pengalaman serta keilmuan baru yang tidak ada di Indonesia. Belum lagi kurikulumnya memang disesuaikan untuk menjadi pengantar keilmuan baik di Universitas al-Azhar atau bekal untuk belajar pada masyaikh di al-Azhar.

Kuliah di Turki
Kuliah di Turki

Namun semua keunggulan itu tidak akan tercapai jika kita tidak memaksimalkan waktu dengan baik. Kesuksesan hadir karena adanya usaha pengembangan diri dan disiplin dalam menerapkan kebiasaan belajar yang efektif.

Pelajar yang sukses saat belajar di luar negeri tahu kapan harus fokus pada mata kuliah, juga kapan harus mengambil rehat. Manajemen waktu yang rapi, dengan disiplin yang ketat pada jadwal-jadwal yang disusun sendiri.

Ketika waktunya belajar, mereka akan menaruh perhatian penuh. Begitu pun dengan hal – menyenangkan seperti traveling, dan hobi lainnya. Begitu pula bagi kamu yang ingin sukses belajar di program Ma’had al-Azhar. Berikut Tips Sukses Belajar di Ma’had al-Azhar;

Seluruh diktat dan pelajaran yang ada di Ma’had al-Azhar disampaika menggunakan bahasa Arab. Maka untuk dapat memahaminya kamu harus memiliki kosa kata bahasa Arab yang luas. Selain kosa kata, memahami bahasa arab secara kontekstual akan sangat membantu pemahaman kamu dalam mehamai pelaran. Kamu bisa membiasakan diri dengan mencatat dan menghafal 5-10 kosa kata baru tiap harinya. Dengan adanya internet dan smartphone tentu saja mencari kosa kata baru bukanlah hal sulit.

Baca Juga  Kuliah Mandiri Di Turki

Selain itu ketika mendapatkan istilah atau kosa kata baru dalam buku pelajaran atau bacaan kamu bisa segera mencarinya. Kemudian coba mehamainya lebih jauh dengan membuat beberapa kalimat dari kosa kata baru itu. Jika kamu rutin melakukan ini dalam masa studi kamu, maka dalam 3-4 tahun sudah ada 3 – 4 ribu kosa kata baru yang kamu miliki.

  • Jangan Bolos, Rajin Masuk Kelas

Berbeda dengan jenjang kuliah di Universitas al-Azhar yang tidak ada absennya. Program Ma’had al-Azhar mempunyai absen. Tentu kehadiran akan menentukan kelulusan dan kelancaran studi dalam menempuh program Ma’had al-Azhar. Kalau kamu bolos bukan hanya akan membuatmu tidak bisa mengikuti ujian, tetapi kamu akan banyak ketinggalan pelajaran yang diberikan di Ma’had al-Azhar. Maka dari itu rajin masuk kelas merupakan salah satu kunci utama sukses belajar di Ma’had al-Azhar.

  • Carilah Teman dari Berbagai Negara

Sebagai negara dengan jumlah populasi muslim yang besar, pelajar Indonesia mendominasi jumlah pelajar di Ma’had al-Azhar dibanding dengan pelajar dari negeri lain. Tapi jangan sampai kita tidak mempunyai hubungan baik dan memiliki teman lintas negara. Karena dengan memiliki teman lintas negara kita kan lebih sering melatih bahasa Arab Fushah kita. Selain itu untuk melatih bahasa Arab Amiyah jangan minder untuk punya teman orang Mesir asli, karena dengan mempunya teman Mesir yang dekat kita akan bisa lebih mengetahui bahasa Amiyah dan budaya tempat kita menempuh studi.

  •  Jangan Bosan untuk Mengulang Pelajaran

Hanya rajin masuk kelas saja tidak akan cukup membuat kamu sukses dan mulus dalam menempuh studi di program Ma’had al-Azhar. Mengulang pelajaran yang telah di dapat baik di kelas atau dengan masyaikh al-Azhar akan membuat kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Tentu dengan memiliki lingkungan belajar yang baik akan memudahkan kamu dalam mengulang pelajaran. Dalam mendampingi kamu dalam menempuh pendidikan di Mesir.

Baca Juga  Biaya Kuliah di Turki yang Harus Anda Ketahui

HELWA CENTER sebagai Lembaga konsultan Pendidikan yang memfasilitasi calon pelajar yang berasal dari Indonesia mulai dari pendaftaran, pemberkasan, pembinaan, pemberangkatan dan pendampingan di institusi-institusi Al-Azhar di Mesir sejak tahun 2015 sampai sekarang.

Dengan kelebihan di atas, tertarik dengan program Ma’had al-Azhar di Mesir? Jangan lupa hubungi hotline di samping ya,

Terimakasih dan semoga artikel ini membantu anda.

Penulis : Fakhri Abdul Gaffar Ibrahim

Kuliah di Turki

PT Helwa Group Berkah

Jl. Rtm, Perumahan Griya Tugu Asri Blok c7/20, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa barat

Copyright @ 2021 – Support PT Helwa Group Berkah

Hak Cipta PT Helwa Group Berkah !

Hubungi Kami
1