Kuliah di Turki
Kuliah Mandiri Di Turki

Kuliah Mandiri Di Turki

Kuliah Mandiri di Turki -Siapa yang tidak mau, apalagi jika bisa Kuliah di Turki. Namun Anda harus mempersiapkan diri dan juga finansial yang tidak sedikit. Dibandingkan dengan negara-negara tersebut, Turki adalah salah satu tempat yang terdengar tidak terlalu menarik terutama untuk belajar.

Turki lebih sering menjadi tujuan wisata karena banyak terdapat tempat-tempat bersejarah di sana. Namun bukan berarti Turki tidak memiliki daya tarik pendidikan. Meski tidak sepopuler Inggris dan Amerika, Turki juga membuka jalur bagi mahasiswa dari negara lain untuk belajar di sana.

Ada beberapa objek wisata yang membuat Turki perlu masuk dalam pick list seperti biaya kuliah di Turki dan kehidupan yang murah. Mahasiswa asal Indonesia juga cukup banyak yang melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 di Turki.

Kuliah di Turki
Kuliah di Turki

Mengapa Memilih Turki sebagai Tujuan Studi

Alasan melanjutkan studi ke Turki bukan hanya karena biaya yang murah. Ada beberapa alasan lain mengapa Turki harus dipertimbangkan sebagai tempat belajar di masa depan yaitu :

Sistem pendidikan lanjutan

Banyak universitas terbaik di Turki didirikan baru-baru ini tetapi sudah termasuk yang terbaik di dunia. Tidak banyak yang tahu bahwa Turki telah menjadi negara maju dalam beberapa bidang. Secara umum, Turki telah memiliki ekonomi dan pendidikan yang maju sejak lama. Mulai dari tahun 1980 sebagian besar universitas di Turki telah menempati peringkat 40 besar dunia terutama di bidang ilmu alam. Pada tahun 2010 saja Turki masuk dalam 17 negara terbaik dalam bidang penelitian ilmiah.

Bisa belajar bahasa Inggris

Berbeda dengan Jerman, Prancis, atau Italia yang mewajibkan mahasiswa internasional untuk menguasai bahasa ibunya. Jika Anda belajar di Turki, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Jadi untuk masuk bisa lebih mudah, Anda hanya perlu menyiapkan skor TOEFL atau IELTS yang tinggi sesuai dengan persyaratan yang diajukan.

Pusat berbagai budaya

Belajar di Turki dapat memperluas pandangan Anda tentang budaya. Hingga saat ini, Turki telah menjadi rumah belajar bagi siswa dari 180 negara. Artinya, ada banyak budaya yang berbaur di negara ini. Selain itu, letak Turki yang berada di antara Eropa dan Asia membuat sejarah budayanya menarik untuk dikaji.

Baca Juga  Bimbingan Belajar Di Turki

Ekonomi dan politik yang kuat

Meski masih menjadi negara berkembang, Turki menempati peringkat ke-16 sebagai negara terkuat dalam hal ekonomi dan politik. Fakta ini menjadikan Turki negara terbaik untuk belajar. Anda bisa mendapatkan pendidikan kelas internasional tetapi dengan biaya lebih rendah daripada negara-negara di Uni Eropa.

Menentukan Biaya Kuliah Mandiri Di Turki

Untuk biaya kuliah di Turki, Turki menetapkan harga rendah untuk siswa internasional dan tidak dibedakan dari siswa lokal. Sebagai gambaran, biaya kuliah di Turki hanya 3,5 juta per semester. Bukankah jauh lebih murah daripada kuliah kedokteran di Indonesia yang mencapai ratusan juta?

Jika ingin bisa kuliah di Turki dengan biaya murah, sebaiknya pilih jalur mandiri. Melalui jalur ini berarti Anda akan mengurus sendiri berbagai kebutuhan, mulai dari ujian masuk, mencari berbagai informasi hingga diterima. Selain jalur independen, ada juga melalui agen tetapi jika Anda memilih agen, Anda harus membayar biaya yang lebih tinggi.

Agen dapat dianggap sebagai distributor siswa yang ingin belajar di luar negeri. Anda akan diberikan pilihan universitas mana yang Anda inginkan dan kemudian dibantu sampai Anda masuk. Bisa dibilang cara praktis karena Anda hanya perlu membayar ke agen. Namun lagi-lagi jika melalui agen akan minim informasi mengenai langkah-langkah masuk dan biaya yang sangat tinggi.

Rincian Biaya Pendidikan di Turki dengan Jalur Independen

Jalur mandiri selain murah membuat Anda mengetahui informasi lengkap tentang proses pendaftaran di universitas Turki. Selain itu, Anda juga tahu betul berapa biayanya. Anda juga bebas memilih jurusan dan universitas sesuai keinginan. Kuliah di Turki menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin melanjutkan studi.

Sistem pendidikan dan akreditasi universitas di Turki secara administratif 100% sama dengan negara-negara Eropa lainnya. Lama studinya sama seperti di universitas-universitas di Indonesia. Ada dua jalur untuk masuk ke universitas di Turki, yaitu jalur seleksi berkas menggunakan nilai diploma dan jalur Tes Tertulis yang disebut YOS.

Sebagian besar kuliah dilakukan dalam bahasa Turki. Oleh karena itu, mahasiswa asing di Turki diwajibkan mengambil Tomer di tahun pertama yaitu kursus bahasa Turki sebelum masuk perkuliahan. Universitas Negeri di Turki membebankan biaya kuliah yang sangat rendah untuk siswa. Untuk masuk kampus di Turki, mahasiswa tidak dipungut biaya masuk dan banyak biaya kuliah per semester di bawah 3 juta rupiah. Pasalnya, biaya pendidikan disubsidi oleh pemerintah hingga 90%. Sangat menarik bukan?

Baca Juga  Alasan Kuliah di Turki

Jika dibandingkan dengan negara-negara di benua Eropa, Asia Tenggara, hingga Australia dan Amerika Serikat, nama Turki sebenarnya bukan favorit orang Indonesia untuk berlibur atau melanjutkan studi. Padahal, negara yang terletak di perbatasan benua Asia dan Eropa ini memiliki indeks biaya hidup yang relatif rendah.

Sehingga cocok bagi mereka yang ingin melanjutkan studi atau menghabiskan masa pensiun di hari tua. Seperti negara Eropa lainnya, Turki memiliki universitas modern dengan fasilitas yang lengkap seperti fasilitas olahraga, gedung budaya, perpustakaan, hingga asrama dengan biaya kuliah yang bervariasi.

Biaya kuliah

Seperti di Indonesia, biaya kuliah di universitas negeri Turki lebih murah daripada universitas swasta Turki. Biayanya juga bervariasi dan biasanya jika kamu belajar di Turki, biayanya akan lebih murah daripada belajar dalam bahasa Inggris. Biaya kuliah di Turki dengan bahasa pengantar bahasa Turki yaitu sekitar 4,5 juta hingga 9 juta rupiah per semester. Jumlah tersebut berlaku untuk pelajar internasional, termasuk Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan bahasa Inggris, biasanya biaya kuliahnya akan lebih mahal, yaitu sekitar 600 hingga 1.500 rupiah atau setara dengan 9 juta hingga 20 juta, ya. Jangan khawatir, biaya yang tercantum di atas adalah biaya kuliah jika Anda membayarnya sendiri. Di Turki ada berbagai macam beasiswa, baik beasiswa dari universitas yang Anda daftarkan (biasanya dalam bentuk diskon) atau beasiswa dari pemerintah Turki.

Biaya hidup

Untuk biaya hidup di Turki, jumlahnya bervariasi tergantung pada kota tempat Anda tinggal atau berapa banyak tanggungan yang Anda miliki. Tapi jangan khawatir, biaya hidup di Turki sama dengan biaya kuliah di Turki yang cukup murah atau terjangkau. Rata-rata siswa internasional menghabiskan sekitar 4 juta hingga 6 juta per bulan untuk biaya seperti perumahan, hiburan, transportasi umum, dan telepon.

Kuliah di Turki 2022 Melalui Helwa Center

Helwa Center sangat membuka diri dalam bekerjasama dengan banyak sekolah, pondok pesantren serta lembaga pendidikan lainnya, baik madrasah maupun sekolah umum di seluruh Indonesia untuk memfasilitasi para pelajarnya dalam melanjutkan study di Timur Tengah, khususnya di Al Azhar Kairo Mesir.

Helwa Center adalah lembaga konsultan pendidikan yang memfasilitasi calon pelajar yang berasal dari Indonesia mulai dari pendaftaran, pemberkasan, pembinaan, pemberangkatan dan pendampingan di Institusi-institusi Al-Azhar di Mesir sejak tahun 2015 sampai sekarang.

Kuliah di Turki

PT Helwa Group Berkah

Jl. Rtm, Perumahan Griya Tugu Asri Blok c7/20, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa barat

Copyright @ 2021 – Support Helwa Group Berkah

Hak Cipta PT Helwa Group Berkah !

Hubungi Kami
1