Kuliah di Turki
Ternyata Ini Biaya Kuliah di Turki

Ternyata Ini Biaya Kuliah di Turki

Biaya Kuliah di Turki – Turki adalah salah satu tujuan liburan, melanjutkan pendidikan, dan bekerja. Baru-baru ini, banyak orang telah menjadikan Turki tempat yang ideal untuk pensiun atau menghabiskan hari tua mereka. Ini bisa jadi karena biaya hidup di Turki cukup terjangkau.

Jika Anda melihat Turki sebagai tujuan potensial untuk belajar dan tinggal, Anda harus terlebih dahulu mengetahui berapa biaya untuk tinggal di Turki, sehingga Anda dapat mempersiapkan rencana keuangan yang lebih baik. Sebelum memutuskan untuk tinggal di Turki, berikut beberapa rincian biaya hidup di Turki, mulai dari tempat tinggal, makanan, hingga biaya kuliah di Turki.

Kuliah di Turki
Kuliah di Turki

Rincian Biaya Hidup di Turki

Tinggal di Turki adalah impian banyak orang. Selain negara yang indah, Turki juga dianggap sebagai negara dengan biaya hidup yang terjangkau dan tidak terlalu mahal. Berikut rinciannya.

Tempat tinggal

Di Turki, Anda dapat memilih untuk tinggal di hostel atau menyewa rumah. Bagi mahasiswa, asrama menjadi pilihan yang tepat. Selain mengurangi pengeluaran untuk transportasi, tinggal di asrama juga mengurangi biaya utilitas dan konsumsi. Di asrama, siswa akan mendapatkan sarapan dan makan malam dalam sehari. Biaya bulanan di asrama berkisar antara TRY 300 – TRY 500 atau setara dengan Rp. 500 ribu menjadi Rp. 850 ribu. Namun, biayanya biasanya untuk dua orang.

Tagihan utilitas

Tagihan utilitas adalah biaya yang harus Anda bayar per bulan. Biaya ini sudah termasuk listrik, air dan gas. Tagihan listrik rata-rata mencapai TRY 120 per bulan, sedangkan untuk air sekitar TRY 60. Output gas di musim dingin bisa mencapai TRY 200 – TRY 400 karena digunakan untuk pemanas ruangan juga. Sedangkan pengeluaran gas di luar musim dingin hanya berkisar TRY 40 – TRY 50 per bulan.

Makan dan minum

Jika Anda seorang pelajar yang tinggal di asrama, sarapan dan makan malam akan ditanggung oleh asrama. Jadi setidaknya uang yang Anda keluarkan per hari untuk makanan adalah TRY 10 per hari atau TRY 300 per bulan.

Namun, bagi siswa yang tinggal di rumah, ada dua pilihan, mereka bisa memasak atau membeli di luar. Jika Anda makan dua kali sehari, maka dalam sebulan Anda membutuhkan setidaknya TRY 600 untuk makanan.

Baca Juga  Bimbingan Belajar Di Turki

Transportasi

Pengeluaran untuk transportasi tergantung pada mobilitas dan tempat tinggal masing-masing. Bagi mahasiswa yang tinggal di asrama tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi sebanyak yang tinggal di rumah, karena biasanya lokasi asrama dekat dengan kampus.

Tarif bus di Turki sekali jalan adalah TRY 1,5, jadi untuk perjalanan pulang pergi biayanya TRY 3. Namun, dalam sehari, jika Anda sering menggunakan transportasi umum, tersedia kartu bulanan TRY 60 per bulan.

Komunikasi

Biaya komunikasi rata-rata adalah TRY 50 per bulan untuk membeli paket data. Tetapi jika Anda memasang wifi, akan ada pengeluaran tambahan TRY 90 per bulan. Biaya hidup minimum di Turki adalah TRY 2.400 atau sekitar 4,5 juta per bulan.

Perlu diketahui bahwa total biaya hidup di Turki sangat bergantung pada gaya hidup masing-masing orang dan nilai tukar mata uang asing saat itu, ya. Anda bisa tinggal di Turki dengan Rp 5 juta per bulan, asalkan gaya hidup Anda tidak berjiwa petualang dan selalu hemat.

Biaya kuliah di Turki

Bahasa yang digunakan dalam perkuliahan adalah bahasa Inggris dan Turki. Setiap tahun, lebih dari 50 ribu mahasiswa asing belajar di Turki, sebagian besar dari Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia, hingga Amerika.

Jika Anda tertarik untuk belajar di Turki, Anda harus mengetahui biaya kuliahnya. Untuk mahasiswa S1 masuk perguruan tinggi swasta, biayanya sekitar TRY 3.500 hingga TRY 14.000, dalam rupiah kurang lebih 60 juta hingga 200 juta. Sedangkan di PTN, biaya kuliah berkisar TRY 1700 hingga TRY 10.700 atau setara dengan Rp. 2,8 juta menjadi Rp. 18 juta. Untuk program magister, biayanya sama dengan program sarjana. Sedangkan program PhD memakan waktu 3 tahun.

Biaya Pendidikan di Turki dengan Jalur Mandiri

Jalur mandiri selain murah membuat Anda mengetahui informasi lengkap tentang proses pendaftaran di universitas Turki. Selain itu, Anda juga tahu betul berapa biaya yang sebenarnya. Anda juga bebas memilih jurusan dan universitas sesuai keinginan. Biaya kuliah di Turki untuk beberapa universitas yang perlu dipersiapkan secara umum adalah sebagai berikut.

Biaya kuliah per semester

Sebagai perbandingan, biaya kuliah di perguruan tinggi negeri lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta. Jadi Anda harus memprioritaskan pilihan Anda ke universitas negeri. Untuk biaya kuliah di universitas negeri yang menggunakan bahasa pengantar dalam bahasa Turki, biayanya mencapai 1,5 juta hingga 3 juta rupiah per semester.

Baca Juga  Agen Kuliah di Turki yang Aman

Biaya tersebut dibebankan kepada pelajar dan pelajar Turki dari wilayah Kazakhstan, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan, Moldova, Makedonia, dan sekitarnya. Sedangkan karena berasal dari Indonesia, maka biaya yang dikenakan adalah untuk mahasiswa internasional. Besaran fee tersebut adalah 4,5 juta hingga 9 juta. Jika ingin mengambil jurusan dengan pengenalan bahasa Inggris biasanya akan lebih mahal.

Biaya ini juga dapat terbantu dengan beasiswa, baik penuh maupun tidak. Jika tidak mendapatkan beasiswa penuh, biasanya beasiswa akan membantu 30-40% dari biaya kuliah. Selama kuliah kamu juga bekerja paruh waktu untuk bisa selain membayar biaya kuliah.

Mengapa Memilih untuk Kuliah di Turki?

Kualitas Pendidikan Sangat Bagus

Belajar di Turki menerapkan Bologna Process, yaitu sistem pemerataan derajat, kualitas pendidikan, akreditasi kampus, dan kualifikasi kampus yang tergabung dalam komunitas Uni Eropa. Kalau bisa dikatakan bahwa di Indonesia ada komunitas khusus untuk menyamakan skor bahasa Inggris dengan skala tertentu yang bisa diterima oleh negara asing seperti di BAN-PT. Turki juga telah menerima pengakuan jurnal ilmiah di seluruh dunia di tempat ke-20.

Pemerintah yang Ramah

Negara Turki yang sangat ramah ini mampu meningkatkan kehadiran mahasiswa asing ke negara tersebut hingga 30%. Setiap tahun meningkat dan menghasilkan lulusan terbaik dengan kualitas yang mampu bersaing secara internasional.

Jalur Beasiswa Mudah

Konsultan pendidikan di Turki akan memberikan beasiswa. Ada dua jalur yang sangat mudah diakses, yaitu jalur YTB dan jalur TDV. Jalur YTB merupakan beasiswa dengan jurusan umum, sedangkan jalur TDV merupakan beasiswa dengan jurusan khusus agama.

Kelebihan dari kedua beasiswa ini adalah semua biaya ditanggung oleh pemerintah Turki seperti biaya hidup, perumahan, transportasi dan lain sebagainya. Namun, jika IPK Anda turun itu bisa berarti bantuan akan dipotong atau bahkan dihilangkan, jadi menjaga nilai Anda juga sangat penting.

Negara Strategis

Kuliah di Turki tidak akan ketinggalan dengan jalan-jalan ke negara tetangga yaitu benua Asia dan Eropa, sehingga bisa menjadi langkah Sahabat Belajar di Turki untuk mendulang rejeki di negara lain saat liburan sekolah tiba. Ini adalah salah satu dari alasan mengapa belajar di Turki.

Belajar di Turki terasa seperti belajar di negara sendiri karena lingkungan yang ramah, kualitas lulusan yang lebih baik dan biaya hidup yang terjangkau adalah solusi untuk mencapai karir yang lebih baik di masa depan.

Demikian pembahasan mengenai biaya kuliah di Turki, semoga artikel ini bermanfaat.

Kuliah di Turki

PT Helwa Group Berkah

Jl. Rtm, Perumahan Griya Tugu Asri Blok c7/20, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa barat

Copyright @ 2021 – Support Helwa Group Berkah

Hak Cipta PT Helwa Group Berkah !

Hubungi Kami
1